18 June 2013

Membuat Scroll Unik Di Halaman Blogspot

Cara Membuat Blog
DINAMIKA - Cara Membuat Scroll Unik Pada Postingan Blog.  Topik kali ini bisa dibilang kembali ke dasar, namun juga bisa dibilang pengembangan variasi untuk desain blog yang lebih menarik.

Sebelumnya telah diposting mengenai cara membuat recent posts bergambar dengan scroll. kata fungsi dalam matematika bisa diartikan sebagai persamaan, namun kata fungsi dalam blog bisa diartikan sebagai efek. Agak sulit memang mengartikannya secara lebih detail dan terperinci, namun karena fungsi dalam blog bisa berarti efek, maka pengartian dan pengertiannya juga pasti mengacu pada blog dan dunia website.

Scroll merupakan alat yang mempermudah dalam hal menghemat sebuah bidang atau halaman. Dalam pengeritan sebenarnya scroll berarti 'gulung' atau 'menggulung'. Biasanya dilakukan untuk halaman yang isinya terlalu panjang dan lebih detil padahal pembaca ingin pengertian dan pemahaman yang lebih simpel terhadap konten yang dibuat scrollnya. Sebagai contoh bisa kita temukan bila kita membuka halaman Microsoft Excell untuk pengolahan data, jelas sekali di situ terpampang 'balok' scroll yang bisa digeserkan ke atas ke bawah maupun ke kiri dan ke kanan saat menggunakan mouse. 

Lalu bagaimana penerapannya dalam template blog ? Tentunya bagi blogger newbie membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami dan mengaplikasikannya di blog, berbeda dengan para blog designer yang berkutat dalam lembar-lembar HTML/Javascript. Efek scroll dalam blogging memiliki manfaat dalam efisiensi dan mendayagunakan ukuran sidebar terhadap berbagai konten widget yang ditampilkan blogger (blogger adalah sebutan bagi pengguna atau pengelola blog,  lengkapnya adalah blog user). Sebagai contoh, widget recent posts ditampilkan di sidebar kanan, namun karena ada widget lain di atas atau di bawahnya yang sudah terpola ukurannya sementara jumlah postingan yang ditampilkan cukup banyak tentunya akan berimbas pada pergeseran antar widget. Pergeseran ini bisa jadi membuat ruwet atau capek mata blogger lain yang mampir, sehingga menjadi tidak menarik.  Oleh karena itu perlu digunakan sebuah alat yang berfungsi mengatur lebar dan tinggi widget namun judul artikel terbaru yang diinginkan tetap tampil secara keseluruhan. 

Sebenarnya fungsi atau efek scroll tidak hanya memiliki manfaat dalam mengatur posisi konten dalam widget maupun posisi widget dalam blog tersebut. Namun juga bisa mengatur elemen-elemen lain dalam blog tersebut. Contohnya bila sebuah artikel menampilkan sebuah data mengenai berita bengkulu berupa daftar bakal caleg DPR RI Dapil Bengkulu, karena daftarnya terlalu panjang sementara kita juga ingin menampilkan substansi artikel tersebut yaitu Pemilu 2014 maka dibuatlah sebuah kode compose dalam halaman HTML-nya, yaitu dengan sebutan 'overflow'. Overflow atau scroll ini dapat diatur penampakannya, apakah otomatis atau tersembunyi. 

Berikut adalah contoh penerapan efek scroll :
  1. Login ke blog anda
  2. Buat Entri Baru/ New Entri
  3. Kemudian Klik HTML, masukan (copy) kode di bawah ini:
<span><span style="font-style: italic;"><span style="font-style: italic;"><div style="height: 200px; width: 500px; font: 16px/26px Georgia,Garamond,Serif; overflow: scroll;">Masukkan Tulisan atau teks sobat disini
< /div></span></span></span>


Demikian sekilas mengenai Cara Membuat Scroll Unik Pada Postingan Blog.  
Buat teman-teman yang suka dengan otak-atik tampilan homepage, bisa baca artikel Cara Membuat Blog Hanya Berupa Judul Saja di Homepage. Semoga menarik dan memiliki manfaat.
Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. makasi gan :)

    Lumayan nambah2 ilmu :D
    hehehe....



    visit back
    http://thalp0uz.blogspot.com/

    ReplyDelete

TATA CARA BERKOMENTAR :
-------------------------------------
* Silahkan berkomentar dengan sopan, komentar dapat berupa kritik, saran dan masukan, dan menggunakan tata bahasa baku tanpa menyingkat tulisan.
** Tidak menggunakan kata atau kalimat yang mengandung sex dan SARA.
*** Tidak menggunakan link aktif/hidup dan spamming, dan untuk indentitas komentator sebaiknya menggunakan name/URL atau OpenID, bukan anonymous.

Terima Kasih karena telah berkunjung dan berkomentar di halaman ini.
Silahkan ketik komentar anda di comment box >>>

Mau? Rahasia sukses tanpa MODAL.. 0% RESIKO.. 100% GRATIS.. 1000% PROFIT.. Join now!! IndoBOclub <<<||>>> Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog DINAMIKA