21 June 2013

Cara Membuat Blog Lebih Berkualitas Dengan SEO

Tips SEO
Cara Membuat Blog Berkualitas Dengan SEO | Seputar Blog. Pasti banyak nih yang masih bertanya SEO itu apa, khususnya bagi blogger newbie.


Bagi para blogger mapan, atau kata lain blogger yang sudah mengelola blognya untuk mendapatkan penghasilan baik penghasilan utama maupun penghasilan sampingan, istilah SEO sudah akrab di telinga. Namun bagi blogger pemula atau newbie bisa jadi ini masih barang baru.

#Pemahaman Awal SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik dalam menaikkan ranking sebuah website dengan mengoptimalkan penggunaan kata kunci sehingga terindex dengan baik di mesin pencari, baik Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Artinya, tingkat atau peringkat keberhasilan sebuah blog atau website diindikasikan dengan seberapa jauh blog atau website itu bisa tampil di halaman tertentu mesin pencari, dalam hal ini adalah halaman paling depan search engine tersebut. 

Bagi para blogger lain yang sudah master dalam dunia blogging, pengertian dan aplikasi SEO tidak melulu soal kata kunci, tapi bagaimana cara membuat blog mereka memang memenuhi unsur-unsur kata kunci tersebut, mulai dari desain template, konten widget, hingga penulisan artikel atau postingan mereka. Artinya pengertian dan pemahaman serta aplikasi SEO itu bisa lebih luas. 

Cara membuat blog berkualitas dengan pemahaman SEO hanya sebuah pembuka atau mukadimah dari pengelolaan blog itu sendiri, karena sejatinya proses atau perjalanan blog itu sehingga memenuhi kriteria SEO-lah yang menjadi hal yang mungkin menjadi yang paling sulit dan membutuhkan pemahaman yang lebih dalam. 

# Bagaimana Search Engine Bekerja

Salah satu dasar yang harus kita ketahui sebelum melakukan teknik SEO adalah mengetahui bagaimana sebenarnya mesin pencari bekerja. Kenapa harus belajar ini? Karena pada dasarnya ketika kita melakukan teknik SEO kita tidak boleh melupakan bahwa singkatan dari SE sendiri adalah Search Engine (Mesin Pencari) maka dari itu kita harus memahami konsep dasarnya terlebih dahulu untuk menentukan langkah apa yang ingin kita ambil selanjutnya.




Pada dasarnya, mesin pencari melakukan dua tugas besar yang dominan. Yang pertama adalah indexing dan yang kedua adalah memberikan sebuah jawaban ketika ada orang yang memasukkan sebuah kueri atau sebuah kata atau frasa tertentu.

 # Apa Itu Crawling dan Indexing

Jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia crawling dan indexing ini akan menjadi merayapi dan membuat sebuah indeks. Seperti yang kita ketahui secara umum sebuah mesin pencari mempunyai spiders (Laba-laba perayap) atau sering juga disebut bot (Mesin perayap). Mesin perayap inilah yang nantinya akan menelusuri setiap sudut dari halaman website.


Indeks yang akan dicari bisa berupa sebuah halaman website, gambar, video, ataupun file-file lainnya yang dirasa olehnya itu penting. Dari setiap halaman tersebut saling dihubungkan oleh sebuah link yang dalam istilah teknisnya biasa disebut dengan Hyperlinks.


Hyperlinks ini akan berperan sebagai sebuah jembatan dimana bisa digunakan oleh pengunjung ataupun crawlers untuk menemukan sebuah halaman web. Kita bisa saja untuk menghalangi mesin pencari ataupun crawlers untuk menemukan halaman web yang kita buat. Namun untuk saat ini kita tidak akan mendalami mengenai bahasan tersebut. Karena saat ini lebih baik untuk memahami bagaimana cara kerja mesin pencari.


Jadi pada dasarnya crawler dari mesin pencari sendiri akan merayapi seluruh halaman web dan mebuat sebuah indeks. Nah, ketika ada seseorang memasukkan sebuah kata kunci atau bertanya mengenai sesuatu di mesin pencari, maka mesin pencari akan menggunakan indeks yang sangatlah besar ini untuk memberikan sebuah jawaban yang relevan.

#Keterkaitan atau Relevansi

Dalam mengurutkan hasil pencarian yang diberikan, aspek yang pertama dipertimbangkan oleh mesin pencari adalah relevansi. Karena pasti akan ada hasil yang sangatlah banyak yang akan muncul, namun untuk urutan hasil dari pencarian akan didahulukan konten yang paling relevan menurut mesin pencari.


Misalkan saja ketika anda memasukkan kalimat "Jaket Asli Harga Murah", kemudian hasil yang keluar adalah "Download Gambar Artis Terbaru", apakah ini bisa dibilang relevan? Berterima kasihlah kepada mesin pencari karena dia tidaklah sebodoh itu dalam hal memberikan jawaban. Dan ketika kita mencari "Jaket Asli Harga Murah" pun masih banyak sekali hasil yang relevan. Namun mesin pencari bisa memfilter mana yang paling relevan atau minimal mana yang paling mempunyai kualitas .



Untuk memberikan sebuah hasil penelusuran yang paling relevan dan berkualitas, mesin pencari akan memberikan titik berat dalam hal relevansi.


#Popularitas 

Relevansi saja sebagai sebuah pendekatan yang digunakan mesin pencari untuk memberikan sebuah hasil pencarian rasanya masih kurang. Jadi mesin pencari juga menggunakan pendekatan popularitas. Premis ini bisa dipahami dengan sangat mudah. Bayangkan bahwa mesin pencari adalah sebuah website yang sangat populer atau sangat terpercaya dalam memberikan jawaban. Dan hal tersebut sudah dikenal sejak beberapa tahun yang lalu. (Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi SEO sebuah blog silakan baca artikel  Cara Membuat Blog SEO Memperhatikan Hal Berikut )


Namun, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana membuat website ataupun blog populer dimata mesin pencari? Hal yang mungkin adalah dengan mendapatkan pilihan (Vote). Dan sekarang mungkin anda akan bertanya kepada saya lagi, bagaimana carana mendapatkan voting untuk blog saya? Dan bagaimana bentuk dari voting tersebut sebenarnya?



Jawabannya adalah sangat sederhana, dengan mendapatkan link. Namun link yang kita dapatkan dari website ataupun blog lain. Dan cara termudahnya adalah dengan mencari link sebanyak-banyaknya dari blog yang sudah populer sebelumnya (biasanya yang mempunyai PR tinggi).


Mungkin akan ada pertanyaan seperti ini, "Kenapa kita masih membutuhkan SEO, bukankah saat ini mesin pencari sudah begitu pintar untuk melakukan pekerjaannya sendiri?" Dan mengapa sih kita harus membuat sebuah situs yang search engine friendly untuk terlihat di hasil pencarian dari mesin pencari?

Jawabannya sederhana. Hasil pencarian dari Google tidaklah sedikit untuk sebuah kueri atau kata kunci. Ada jutaan hasil yang diberikan oleh mesin pencari. Malah untuk beberapa kueri, agar bisa memberikan hasil yang relevan membutuhkan beberapa waktu. Jadi memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk membuat situs anda cukup populer dan penting di mata mesin pencari.


Jadi, SEO merupakan pekerjaan atau kewajiban kita, untuk membuat situs atau blog yang kita miliki bisa teroptimisasi untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dan lebih cepat. Jika anda memahami hal tersebut di atas, maka anda akan bisa dengan mudah untuk melakukan optimisasi agar bisa mendapatkan hasil yang bagus dalam SERP (Search Engine Results Page). Jadi, inilah SEO sebenarnya.



Pada kenyataannya setiap orang tidak pernah mengetahui apa yang sebenarnya menyusun algoritma mesin pencari. Namun tidak ada yang perlu ditakuti sebenarnya. Sudah banyak orang yang melakukan penelitian dan mempunyai pengalaman mengenaii optimisasi halaman web, jadi kita bisa belajar dari pengalaman mereka. Jika kita menggunakan teknik SEO yang benar, maka sukses tidak akan jauh dari kita.

Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

2 comments:

  1. makasih gan infonya
    info seputar bola, prediksi bola, INFO BOLA TERPERCAYA,
    bisa Anda dapatkan di alamat www.bola368.net

    ReplyDelete

TATA CARA BERKOMENTAR :
-------------------------------------
* Silahkan berkomentar dengan sopan, komentar dapat berupa kritik, saran dan masukan, dan menggunakan tata bahasa baku tanpa menyingkat tulisan.
** Tidak menggunakan kata atau kalimat yang mengandung sex dan SARA.
*** Tidak menggunakan link aktif/hidup dan spamming, dan untuk indentitas komentator sebaiknya menggunakan name/URL atau OpenID, bukan anonymous.

Terima Kasih karena telah berkunjung dan berkomentar di halaman ini.
Silahkan ketik komentar anda di comment box >>>

Mau? Rahasia sukses tanpa MODAL.. 0% RESIKO.. 100% GRATIS.. 1000% PROFIT.. Join now!! IndoBOclub <<<||>>> Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog DINAMIKA