22 June 2013

Cara Membuat Blog SEO Memperhatikan Hal Berikut

Tips Blog SEO
Cara Membuat Blog SEO Memperhatikan Hal Berikut | Tips SEO. Meningkatkan kualitas blog tentunya tidak lepas dari SEO. Apa saja cara membuat blog SEO friendly ?

Sebelumnya telah diutarakan mengenai pemahaman awal SEO dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendorong sebuah blog agar memenuhi unsur-unsur SEO tersebut (baca artikel Membuat Blog Lebih Berkualitas Dengan SEO). Perlu diketahui bahwa SEO tersebut tidak statis karena ternyata bisa dikembangkan dengan proses yang lebih luas. Namun demikian, ada hal baku dan bisa dibilang wajib untuk mengembangkan sebuah blog benar-benar memenuhi SEO. 


Cara membuat blog SEO memperhatikan hal-hal berikut.


#Menentukan Tujuan Penggunaan dan Memilih Blog
Pada awalnya, sebaiknya sobat harus memahami dan menentukan tujuan dalam membuat blog. Banyak blogger yang membuat blog sebagai cara membuat produk usaha dan dagangannya laris. Adapula blogger yang membuat blog sebagai cara membuat privasi atau kehidupan sehari-harinya diketahui banyak orang. Blogger yang lain menjadikan blog sebagai cara membuat bisnis jasanya digunakan banyak orang, sebagai contoh jasa membuat template, atau jasa menulis artikel. Oleh karena itu sobat harus benar-benar menentukan tujuan dari pembuatan blog itu sendiri dan kemudian melakukan pemilihan yang tepat terhadap template (atau theme) yang sesuai dengan tujuan. 

#Kata Kunci (Keyword)
Sudah dijelaskan bahwa SEO erat hubungannya dengan kata kunci. Dalam definisi awal disampaikan bahwa SEO merupakan teknik dalam mengelola kata kunci agar sebuah blog atau konten atau artikel muncul di mesin pencari pada halaman terdepan. Oleh karena itu sebelum benar-benar mengelola sebuah blog, sebaiknya sobat blogger yang masih pemula sudah harus menentukan kata kunci target yang akan dimaksimalkan dan dioptimalkan penggunaannya, yang diwujudkan dalam bentuk artikel. Kisi-kisi kata kunci yang akan dikelola tersebut dapat diketahui dengan menggunakan Google Adwords, di mana di situ sobat dapat mengetahui kata kunci yang sedang hot atau paling sering digunakan dan juga sedang populer. Namun begitu, kemungkinan itu juga perlu mempertimbangkan tingkat persaingannya. Maka pilih dan rangkailah kata kunci yang ditargetkan dengan tingkat persaingan rendah.


#Menentukan Judul Dan Deskripsi
Setelah menentukan tujuan dan template yang sesuai dengan keinginan, maka pemilihan judul yang tepat sesuai dengan tujuan blog merupakan langkah kombinatif antara tujuan dan kata kunci. Bila reka-reka kata kunci yang diinginkan sebagai target telah ditetapkan, maka pembuatan judul dilakukan dengan mengaplikasi kata kunci. Pemilihan judul yang tepat dengan jumlah karakter yang minimal sangat membantu SEO sebuah blog. Judul blog mewakili isi keseluruhan blog, dan penegasan terhadap itu dilakukan dengan membuat deskripsi singkat blog. 

#Membuat Breadcrumbs
Apa itu breadcrumbs ? Belum ada definisi yang pasti, namun secara umum dapat digambarkan bahwa breadcrumbs adalah sumber asal sebuah konten yang juga dapat berfungsi sebagai navigasi. Misalnya untuk judul artikel Cara Membuat Artikel Hanya Berupa Judul Saja di Homepage, sumber asalnya yaitu sebuah label yaitu label 'seputar blog'. Dan label 'seputar blog' ini merupakan bagian dari beranda atau homepage blog. 

Dapat digambarkan seperti ini :  home > seputar blog > Cara Membuat Artikel Hanya Berupa Judul Saja di Homepage. Gambaran ini dapat terlihat pada saat sobat membuka sebuah judul artikel, pada bagian atas judul artikel tertera urutan tersebut (silahkan klik link judul di atas dan sobat akan melihat urutan seperti yang di maksud pada bagian atas sebelum judul artikel). Cara membuat breadcrumbs dapat dilakukan di halaman HTML editor dengan memasang atau memasukkan kode-kode tertentu agar navigasi breadcrumbs dapat muncul. (Baca artikel Cara membuat breadcrumbs SEO friendly.

#Memasang Artikel Terkait
Pada saat sobat membuka sebuah link judul, di bawah artikel tertera artikel terkait. Tujuan dari penggunaan artikel terkait ini bukan sekedar penunjang SEO, namun juga sebagai navigasi alternatif yang memiliki keterkaitan dengan artikel yang sedang dibaca. Ini memudahkan pengunjung atau pembaca untuk memperoleh informasi lebih lanjut atau informasi yang memiliki keterkaitan dengan topik tersebut. Sebagai contoh, ketika sobat membuka link judul Cara Membuat Recent Posts Bergambar Dengan Scroll, sobat lihat bagian bawah artikel tersebut terdapat link judul yang terkait dengan link yang sedang dibuka, yaitu Cara Membuat Recent Posts Unik Dengan 1 Thumbnail Ala Blog Dinamika,  dan lainnya yang berhubungan dengan topik seputar blog.


#Memasang Arsip Blog
Memasang arsip blog merupakan sebuah pilihan. Sebagian blogger mengaplikasikan widget Blog Archieve pada halaman Widget yang disediakan oleh Blogger, adapula yang memodifikasi blog archieve tersebut dengan melakukan pengeditan di halaman editor HTML dengan memasukkan kode-kode tertentu. Namun ada juga blogger yang tidak memasang blog archieve karena dianggap tidak efektif dalam memanfaat sidebar, dan selain itu ada juga yang beranggapan blog archieve ini sudah diwakili oleh tabs atau label.


#Memasang Recent Posts Atau Popular Posts
Seperti halnya memasang arsip blog, memasang recent posts atau popular posts hampir memiliki fungsi yang sama sebagai sumber informasi yang mewakili konten. Dengan modifikasi sedemikian rupa baik dengan menambahkan widget atau dengan memasukkan kode-kode tertentu di editor HTML, selain sebagai sumber informasi widget ini juga dapat mempengaruhi keindahan blog. Namun manfaat lain dari memasang recent posts atau popular posts ini juga sebagai cara membuat judul artikel andalan kita memiliki tingkat popularitas yang lebih tinggi.


#Menulis Artikel
Artikel adalah konten sejati. Artinya tanpa ada artikel blog kita tidak memiliki arti apa-apa. Artikel dapat berupa deskripsi, dapat pula berupa gambar. Gunakanlah kata kunci yang sesuai dan manfaatkan kata kunci tersebut dengan penekanan-penekanan tertentu pada paragraf-paragraf artikel. Bukankah popularitas artikel dan blog, demikian pula peranan SEO, ditentukan oleh kata kunci pada isinya ? Orisinalitas dan kepadatan kata kunci sangat memiliki pengaruh terhadap SEO.

#Menambahkan Title Tag Pada Link 
Title Tag atau Tag judul memang bukan dianggap sebagai meta, namun keberadaannya sangat berhubungan erat dengan deskripsi dan identitas sebuah link url baik di halaman postingan maupun di homepage. (Lebih lanjut dapat membaca artikel Membuat Tag Title Penting Untuk Membuat Blog SEO).

#Menambahkan Gambar
Menambah gambar akan sangat membantu dalam mendorong SEO sebuah blog dan juga meningkatkan popularitas artikel maupun blog tersebut. Dengan memberikan titel atau judul gambar dengan pemilihan kata kunci yang tepat serta metode pemasangan gambar yang baik, dijamin SEO blog sobat akan lebih baik. 


#Mengaktifkan dan Mengelola Kolom Komentar (Comments)
Perlu diketahui bahwa hanya menulis artikel saja tanpa ada respon tentunya kurang menggigit, dan akan muncul pula opini bahwa ketidakpuasan disebabkan karena sepinya pengunjung dan blog kita dianggap tidak memiliki peranan atau kontribusi terhadap pengguna internet. Semakin banyak komentar yang masuk menandakan tingginya minat dan respon pengguna internet atau pencari informasi di blog kita. Hal ini akan sejalan dengan meningkatnya popularitas judul artikel dan popularitas blog, demikian pula dengan pagerank (peringkat halaman).


#Menambahkan Judul Artikel Pada Webmaster Tools
Saat sebuah artikel telah selesai dibuat, maka untuk memperkenal blog kepada khalayak adalah dengan terlebih dahulu mendaftarkannya ke webmaster tools seperti Google Webmaster Tools dan Bing. Ini sangat membantu mengindex artikel tersebut pada mesin pencari dan segera setelah didaftarkan robot pencari google akan segera beraksi.


#Menambahkan Sitemap Blog
Seorang teman blogger yang sempat mengunjungi blog ini pernah memberikan masukan/komentar perihal cara membuat blog lebih SEO yaitu dengan menambahkan sitemap di webmaster tools. Sitemap atau peta situs ternyata juga memberikan manfaat sehingga sebuah blog unik menjadi lebih SEO friendly. Dengan adanya sitemap memudahkan pelacakan terhadap konten-konten atau isi dalam sebuah blog (terima kasih atas komentar bung Daniel Benny Simanjuntak di halaman postingan artikel ini).


#Manfaatkan Social Media
Memperkenalkan blog dan konten yaitu artikel ke jaringan sosial seperti FB atau Twitter atau Google Plus (Goggle +) akan sangat membantu popularitas artikel tersebut, dan secara tidak langsung juga mempengaruhi traffik (kunjungan) ke blog tersebut. Perlu diingat bahwa memanfaatkan media sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap SEO karena sebenarnya mempengaruhi tingkat kunjungan dan pagerank. Namun dengan mengelola SEO yang baik secara struktural (internal blog) justru akan mempengaruhi kemunculan blog tersebut untuk mendorong popularitas di mesin pencari. Semakin popular dan semakin baik kualitas konten artikel akan mendorong kemungkinan konten tersebut pada halaman pertama di mesin pencari. Halaman pertama search engine merupakan indikator apakah konten artikel benar-benar dicari dan dibutuhkan. Apabila benar begitu, kemungkinan pengguna internet mencari informasi yang dibutuhkan tidak lagi membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya pada mesin pencari karena semua informasi yang dia butuhkan telah terakomodasi pada halaman awal mesin pencari, yaitu pada artikel yang bersumber dari blog kita.


#Melakukan Blogwalking
Melakukan blogwalking memiliki manfaat dalam meningkatkan kunjungan, traffik dan pagerank. Metode ini dilakukan dengan cara berkunjung dan memberikan respon berupa komentar pada artikel pada blog lain yang sedang kita kunjungi. 

#Melakukan Back Link
Melakukan backlink paling efektif dilakukan bersamaan dengan blogwalking. Saat kita berkomentar di blog lain, kita meninggalkan jejak link  (back link)  kita, yang mengarah ke blog kita. (Baca artikel Cara Jitu Mendapatkan Backlink Membuat Blog SEO).


Harap diperhatikan, tips yang berwarna biru di atas sebenarnya bukan fokus pada kebakuan terhadap SEO, namun lebih kepada kreatifitas dalam memanfaatkan unsur-unsur SEO yang mendorong popularitas dan pagerank sebuah link artikel dan blog. Karena pada dasarnya SEO sebuah blog dioptimalkan dalam struktur blog itu sendiri, mulai dari pemilihan judul, komposisi dan variasi keyword, unsur header dan tag yaitu h1, h2, h3, h4, h5 dan h6 yang tersusun dalam struktur blog (homepage atau beranda dan halaman artikel).


Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

9 comments:

  1. Satu lagi gan : membuat Sitemap. Karena sitemap itu penting sebagai jalur penghubung artikel, label, dan hal-hal terkait konten blog. Apalagi kalau sitemap nya sekalian didaftarin ke Google Webmaster Tools, bakal lebih maknyus lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
      BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

      Delete
  2. saya setuju bung daniel, sitemap itu benar-benar jadi peta penghubung antar konten....

    ReplyDelete
  3. informasi yang sangat bermanfat gan,, yang terpenting adalah kekayaan keyword dan content yang benar benar original... salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims kunjungannya mas....saya setuju dengan orisinalitas...sering-sering mampir ke blog ini ya mas...

      Delete
  4. mantap gan...infonya buat nambah pengetahuan. blog walking here
    http://foolnotes.blogspot.com/2013/07/webhosting-murah-terbaik-di-indonesia.html

    ReplyDelete
  5. Saya sangat setuju dengan tips seo diatas saya ingin bertanya,apakah dampaknya jika kita merubah judul artikel menjadi h2 dan judul widget menjadi h3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims udah berkunjung mas, mengenai h2 dan h3 saya sudah pernah coba dan trik itu yang blog DINAMIKA ini terapkan. dampaknya sangat terasa pada SEO-nya, karena kalau menurut para master blogger robot akan membaca semua konten kita termasuk h1, h2 dan seterusnya. Kalau menurut saya, robot justru akan membaca konten awal dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan sebuah blog. Makanya untuk mendahulukan robot agar membaca judul daripada widget saya buat judul artikel sebagai h2 dan widget sebagai h3.

      Delete
  6. sitemap emg wajib ada buat index artikel kita, tp intinya ya gak kopas artikel aja

    ReplyDelete

TATA CARA BERKOMENTAR :
-------------------------------------
* Silahkan berkomentar dengan sopan, komentar dapat berupa kritik, saran dan masukan, dan menggunakan tata bahasa baku tanpa menyingkat tulisan.
** Tidak menggunakan kata atau kalimat yang mengandung sex dan SARA.
*** Tidak menggunakan link aktif/hidup dan spamming, dan untuk indentitas komentator sebaiknya menggunakan name/URL atau OpenID, bukan anonymous.

Terima Kasih karena telah berkunjung dan berkomentar di halaman ini.
Silahkan ketik komentar anda di comment box >>>

Mau? Rahasia sukses tanpa MODAL.. 0% RESIKO.. 100% GRATIS.. 1000% PROFIT.. Join now!! IndoBOclub <<<||>>> Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog DINAMIKA